Rabu, 09 Januari 2013

Karakter adalah..??!



KARAKTER

Apa itu karakter? Karakter menunjukkan sifat tanggung jawab, jujur, berani, dan peduli yang kita miliki. Karakter adalah jumlah dari seluruh kualitas internal yang kita miliki. Karakter lebih mudah disimpan daripada diperbaiki. Karakter adalah sesuatu yang sangat penting karena karakter mengontrol kehidupan kita dan cara kita bertindak terhadap berbagai situasi. Cara yang paling baik untuk menilai karakter seseorang adalah dengan mengamati cara mereka memperlakukan orang lain yang tidak bisa memberikan apa-apa kepada mereka.

          Sayangnya, sekarang ini pandangan mengenai karakter telah salah dimengerti. Banyak orang yang beranggapan bahwa sifat kita adalah hasil dari sesuatu yang berada di luar kendali kita, yaitu gen dan pendidikan kita. Namun, pada kenyataannya, karakter itu berbeda. Karakter yang baik bukanlah sebuah hadiah; itu adalah sesuatu yang harus kita pilih untuk dikembangkan oleh diri kita. Setiap pilihan yang diambil, untuk melakukan yang benar atau salah, untuk menjadi pemberani atau penakut, untuk berjuang atau menyerah, merupakan pilihan-pilihan yang bisa digunakan untuk mengembangkan atau merusak karakter yang kita miliki.

          Kesimpulannya, karakter kita adalah sesuatu yang penting, karena itu adalah karakter kita, nukan pencapaian kita, yang akan menentukan nilai kita yang sebenarnya. Milikilah karakter – jangan hanya menjadi sebuah karakter.

J. John dalam Bukunya “26 Keys Of Happiness”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar