KARAKTER PEMIMPIN
Menurut
Stogdill, seperti yang dikutip Hedley Beare, Brian Caldwell, dan Ross Milikan
dalam “Dimensi-Dimensi Kepemimpinan”’ Leadership and Team in Educational
Management (2005:4) ada sepuluh karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin
yang baik. Kesepuluh karakter tersebut adalah :
1.
Rasa tanggung jawab,
seorang pemimpin hendaklah memiliki rasa tanggung jawab atas tugas dan
kewajibannya. Hal tersebut tercermin dalam kesungguhannya mengemban tugas dan
tanggung jawabnya untuk memajukan organisasi yang dipimpinnya menuju pada satu
goal yang dicita-citakannya.
2.
Mementingkan penyelesaian
tugas, seorang pemimpin yang baik akan lebih mementingkan menyelesaikan
tugasnya daripada kepentingan pribadinya.
3.
Semangat, seorang pemimpin
hendaklah memiliki semangat yang kuat dan tidak boleh menunjukkan kelemahannya,
terlebih di depan orang-orang yang dipimpinnya.
4.
Kemauan keras, seorang
pemimpin hendaklah memiliki kemauan keras dan pantang menyerah, bukan seseorang
yang mudah putus asa dalam menghadapi masalah.
5.
Mengambil resiko, bearti
mengambil resiko untuk kebaikan dan kemajuan organisasi yang dipimpinnya, namun
tidak gegabah. Segala sesuatu harus diperhitungkan dengan matang untuk kemudian
dilaksanakan.
6.
Kepercayaan diri, seorang
pemimpin yang baik hendaklah memiliki rasa percaya diri (PD), salah satunya
didukung oleh penampilan. Penampilan saja tidaklah cukup, tetapi juga harus
didukung dengan kecakapan dalam hal kepemimpinan, yaitu IQ, SQ, dan EQ
(Intelektual,spiritual,dan emosional).
7.
Orisinalitas, ide atau
gagasan yang dikemukakan diharapkan merupakan ide-ide orisinil bukan hasil
menjiplak pola kepemimpinan atau gagasan orang lain.
8.
Kapasitas untuk menangani
tekana, tidak lepas dari rasa percaya diri, seorang pemimpin hendaklah memiliki
kemampuan untuk mengatasi segala tekanan, baik dari bawahan, rekan kerja,
maupun tekanan dari hal-hal yang yang lain termasuk beban pekerjaan.
9.
Kapasitas untuk
mempengaruhi, satu keterampilan atau kompetensi yang harus dimiliki seorang
pemimpin adalah mempengaruhi orang lain. Tentunya pengaruh untuk bekerja sama,
meyakinkan orang lain, untuk bersama-sama bekerja dan bekerja bersama-sama
dalam mencapai tujuan.
10.
Kapasitas mengelola
organisasi, yaitu kapasitas untuk mengkoordinasi upaya-upaya orang lain dalam
pencapaian tujuan. Seorang pemimpin dalam mengelola organisasinya harus dapat
mengkoordinir semua yang berkompeten.
Artikelnya bagusss...
BalasHapusPemimpin memiliki peran yang sangat vital dalam organisasi. keberlangsungan hidup sebuah organisasi tergantung dari karakter pemimpinnya.
Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai karakteristik kepemimpinan yang dapat dijadikan teladan.
Klik --> Makalah Peran Kepemimpinan dalam Kinerja Martha Tilaar