Jumat, 28 Desember 2012

Karakter Pemimpin Yang Kita Cari..!!


KARAKTER PEMIMPIN

          Menurut Stogdill, seperti yang dikutip Hedley Beare, Brian Caldwell, dan Ross Milikan dalam “Dimensi-Dimensi Kepemimpinan”’ Leadership and Team in Educational Management (2005:4) ada sepuluh karakter yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin yang baik. Kesepuluh karakter tersebut adalah :

1.     Rasa tanggung jawab, seorang pemimpin hendaklah memiliki rasa tanggung jawab atas tugas dan kewajibannya. Hal tersebut tercermin dalam kesungguhannya mengemban tugas dan tanggung jawabnya untuk memajukan organisasi yang dipimpinnya menuju pada satu goal yang dicita-citakannya.

2.    Mementingkan penyelesaian tugas, seorang pemimpin yang baik akan lebih mementingkan menyelesaikan tugasnya daripada kepentingan pribadinya.

3.    Semangat, seorang pemimpin hendaklah memiliki semangat yang kuat dan tidak boleh menunjukkan kelemahannya, terlebih di depan orang-orang yang dipimpinnya.

4.    Kemauan keras, seorang pemimpin hendaklah memiliki kemauan keras dan pantang menyerah, bukan seseorang yang mudah putus asa dalam menghadapi masalah.

5.    Mengambil resiko, bearti mengambil resiko untuk kebaikan dan kemajuan organisasi yang dipimpinnya, namun tidak gegabah. Segala sesuatu harus diperhitungkan dengan matang untuk kemudian dilaksanakan.

6.    Kepercayaan diri, seorang pemimpin yang baik hendaklah memiliki rasa percaya diri (PD), salah satunya didukung oleh penampilan. Penampilan saja tidaklah cukup, tetapi juga harus didukung dengan kecakapan dalam hal kepemimpinan, yaitu IQ, SQ, dan EQ (Intelektual,spiritual,dan emosional).

7.    Orisinalitas, ide atau gagasan yang dikemukakan diharapkan merupakan ide-ide orisinil bukan hasil menjiplak pola kepemimpinan atau gagasan orang lain.

8.    Kapasitas untuk menangani tekana, tidak lepas dari rasa percaya diri, seorang pemimpin hendaklah memiliki kemampuan untuk mengatasi segala tekanan, baik dari bawahan, rekan kerja, maupun tekanan dari hal-hal yang yang lain termasuk beban pekerjaan.

9.    Kapasitas untuk mempengaruhi, satu keterampilan atau kompetensi yang harus dimiliki seorang pemimpin adalah mempengaruhi orang lain. Tentunya pengaruh untuk bekerja sama, meyakinkan orang lain, untuk bersama-sama bekerja dan bekerja bersama-sama dalam mencapai tujuan.

10. Kapasitas mengelola organisasi, yaitu kapasitas untuk mengkoordinasi upaya-upaya orang lain dalam pencapaian tujuan. Seorang pemimpin dalam mengelola organisasinya harus dapat mengkoordinir semua yang berkompeten.

1 komentar:

  1. Artikelnya bagusss...
    Pemimpin memiliki peran yang sangat vital dalam organisasi. keberlangsungan hidup sebuah organisasi tergantung dari karakter pemimpinnya.
    Sekedar ingin berbagi aja, barangkali bisa menambah sedikit referensi mengenai karakteristik kepemimpinan yang dapat dijadikan teladan.
    Klik --> Makalah Peran Kepemimpinan dalam Kinerja Martha Tilaar

    BalasHapus